BPS PENDAMPINGAN SP 2020 ONLINE DI UNSUR

BPS PENDAMPINGAN SP 2020 ONLINE DI UNSUR

PASIRGEDE-Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cianjur menggelar sosialisasi dan pendampingan sensus penduduk tahun 2020 online (SP online) pada para dosen dan seluruh civitas akademika Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Kamis (12/3).
Surat BPS Cianjur nomor B-046/BPS/32030/SP2020 tertanggal 25 Februari 2020 tersebut sebagai bentuk kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan secara serentak oleh BPS seluruh Indonesia.
Wakil Rektor I Unsur Dr. Hj. Iis Ristiani, S.Pd., M.Pd. dalam sambutanya sangat mendukung acara sosialisasi dan pendampingan pengisian sensus penduduk online ini. Menurutnya, karena data kependudukan sangat penting sekali.
Menurutnya, data penduduk dalam SP 2020 akan menjadi dasar pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan, seperti pendidikan, pangan, kesehatan, dan perumahan. Selain itu, sensus penduduk menjadi parameter demografi dan proyeksi soal fertilitas, mortalitas, migrasi, dan karakteristik lainnya untuk indikator tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). "Maka kami sangat mendukung sekali ini bukan hanya untuk dosen sendiri, tetapi juga untuk mahasiswa," terang WR I.
Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Cianjur Dani Jaelani mengatakan, untuk pertama kalinya BPS memakai sistem daring (online) dalam melakukan sensus penduduk, terutama kerjasama dengan perguruan tinggi seperti Unsur ini. "Terima kasih pada pimpinan Unsur yang telah menerima dan membantu kami," kata Dani.
Menurutnya dalam memasukan data kependudukan, dosen dan mahasiswa hanya perlu menyiapkan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP dan kartu keluarga (KK) yang didalamnya terdapat nomor induk kependudukan (NIK). "Kalau ada akta pernikahan, silakan dimasukkan. Tapi kalau tidak ada, itu akan tetap jalan," katanya.
Dani menuturkan, cara mengisi Sensus Penduduk 2020 Online, langkah pertama adalah membuka situs sensus.bps.go.id. Lalu, masukkan NIK sesuai KTP dan nomor KK serta kode captcha yang tertera pada layar. Klik 'cek keberadaan'.
Langkah selanjutnya, buat sandi kunci atau password yang berlaku untuk seluruh anggota dalam satu KK. Setiap KK hanya perlu satu password. "Kalau satu KK ada lima orang, password-nya harus sama. Bisa diisikan semua, bisa juga masih-masing, kemudian pilih pertanyaan pengaman untuk keamanan data," terangnya.
Setelah itu, layar akan menunjukkan 22 pertanyaan dasar, beberapa diantaranya adalah nama, tempat dan tanggal lahir, agama, tempat tinggal, pendidikan dan pekerjaan. Contoh lainnya adalah berapa daya listrik di rumah dan air minum yang digunakan. "Jawab pertanyaan tersebut dan data anggota keluarga lainnya. Langkah terakhir, usai menjawab pertanyaan, klik kirim dan unduh bukti pengisian," jelas Dani.
Sensus Penduduk 2020, Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri melakukan Sensus Penduduk Online. Waktu pengisian sekitar 5 menit untuk tiap anggota keluarga Siapkan Kartu Keluarga/Kartu Tanda Penduduk/Dokumen Pernikahan/Dokumen Perceraian/Surat Keterangan Kematian, termasuk untuk anggota keluarga tambahan jika memungkinkan. Sensus Penduduk Online sendiri akan dilakukan pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020.(tim)

Berita Lainnya