WAKIL GUBERNUR: PEMPROV DORONG EKONOMI SYARIAH

WAKIL GUBERNUR: PEMPROV DORONG EKONOMI SYARIAH

CIANJUR-Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum menilai Ekonomi Syariah harus didorong tumbuh dan mampu berperan penting di wilayah Jawa Barat.
"Pemprov Jawa Barat sangat mendorong perkembangan Ekonomi Syariah jangan hanya ulama saja yang paham ilmunya, tapi masyarakat umum juga harus bisa melaksanakan ekonomi syariah," kata Uu usai jadi Keynote Speaker pada acara Harmoni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Seminar Nasional Ekonomi Syariah 'Harmonisasi Ekonomi Syariah dan Ekonomi Digital' di Ballroom Hotel Grand Bydiel Cianjur, Sabtu (22/2).
Menurutnya, pelaksanaan ekonomi syariah sangat pas dengan visi dan misi Pemprov Jabar yaitu penguatan ekonomi, salah satunya ekonomi syariah. "Pelaksanaan ekonomi syariah sudah digembor-gemborkan tahun 1991, sebelumnya muamalah secara syariah masih banyak dipertentangkan, maka setelah di undang-undangkan yang isinya, munakahat, muamalat dan jinayah, maka dengan gerakan-gerakan Islam dari para kiayai dengan para politisi, menjadi dorongan dalam berbangsa dan bernegara sehingga lahirlah Undang Undang. "Kita memiliki formal pedoman munakahat, Al-qur'an harus ada kebersamaan dalam melaksanakan ekonomi syariah," terangnya.
Rektor Universitas Suryakancana (UNSUR) Prof Dr H Dwidja Priyatno SH, MH dalam sambutanya mengatakan, antara ekonomi syariah dan ekonomi digital saling mengisi. Saat ini masyarakat kebanyakan masih menggunakan kartu ATM bank konvensional dan masih jarang yang menggunakan Ekonomi Syariah. "Selain itu model digital dalam pelayanannya juga saat ini jadi primadona," kata Rektor. 
Wakil Dekan 1 FEBI UNSUR Drs H Dading Z Ibrahim, M.Pd mengatakan kegiatan seminar jadi agenda rutin FEBI setiap tahunya. "Kegiatan ini sebagai pelaksanaan kajian ilmiah rutin tahunan dengan menghadirkan para narasumber ekonomi syariah yang kompeten di bidangnya," kata Dading.
Sementara itu dalam seminar nasional Ekonomi Syariah hadir sebagai Keynote Speaker
H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E
(Wakil Gubernur Jawa Barat), dan narasumber Dr. Muhammad Muflih, M.A (Penggiat Ekonomi Syariah dan PP MES), H. Yosep Umar, AR, M.H (Ketua BAZNAS Kab.Cianjur) dan Helmi Mubarak (E-Commerce Tokopedia) dan Moderator Herlan Firmansyah M.Pd, ME (Wakil Dekan III FEBI UNSUR).(**)

Berita Lainnya