PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT UNIVERSITAS

PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT UNIVERSITAS

UNIVERSITAS Suryakancana (Unsur) Cianjur menggelar pemilihan mahasiswa berprestasi pada tingkat universitas. Pesertanya lima mahasiswa perwakilan dari lima fakultas yaitu FKIP, FH, FT, FASTER, dan FEBI.

Wakil Rektor 1 Universitas Suryakancana Cianjur, Iis Ristiani mengatakan, program tersebut merupakan program yang dilaksanakan rutin setiap tahun dengan melakukan penyeleksian terhadap mahasiswa perwakilan yang sebelumnya dilakukan seleksi pada tingkat fakultas.

"Dari lima fakultas, kita seleksi masing-masing mahasiswa perwakilan dari masing-masing fakultas dan setiap fakultas perwakilan satu orang," tuturnya.

Ia menjelaskan, dalam program tersebut para peserta akan diseleksi oleh tim juri di universitas, di antaranya dilihat dari kemampuan bahasa Inggris, karya tulis ilmiah, IPK, aktivitas kemahasiswaan, karakter yang dimiliki, dan public speaking.

"Jadi kita seleksi tidak hanya dilihat dari prestasi akademiknya saja. Tetapi juga melalui beberapa kriteria seperti kecerdasan emosional, kecerdasan sosial melalui pengujian softskill dan pelaksanaannya berlangsung selama satu hari," ujarnya.

Setelah terpilih satu mahasiswa teladan, nantinya akan dikirim ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) untuk kembali dipilih. "Nanti diseleksi terlebih dahulu di rayon lanjut ke L2 Dikti, kemudian jika lolos akan dipanggil ke tingkat nasional," tambahnya.(*)