SEMINASI CPL PRODI DAN BIMTEK PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM KKN TEMATIK CITARUM HARUM TAHUN 2019

SEMINASI CPL PRODI DAN BIMTEK PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM KKN TEMATIK CITARUM HARUM TAHUN 2019

PASIR GEDE-Rektorat Universitas Suryakancana (UNSUR) Cianjur menggelar 'Seminasi Capaian Pembelajaran (CPL) Program Stuydi (Prodi) dan Bimbingan Teknis Pengembangan Kurikulum Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum di Auditorium Pascasarjana UNSUR, Selasa (29/10).
Kegiatan berdasarkan surat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Nomor 10/14/PB.06/2019 perihal Bimbingan Teknis Pengembangan Kurikulum yang mengharuskan setiap Program Studi mengikutsertakan Seminasi CPL Prodi tersebut.
Hadir untuk memaparkan hasil Forum Group Discussion (FGD) Seminasi CPL Prodi KKN Tematik Citarum Harum dari 16 Prodi dari lima fakultas di lingkungan UNSUR, diantaranya, Prodi Ilmu Hukum, Pendidikan Bahasa Indonesia, PPKN, Matematika, Bahasa Inggris, Teknis Sipil, Teknik Industri, Teknik Informatika, Agribisnis, Agroteknologi, ABI, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, Magister Ilmu Hukum, dan Magister PBSI.
Hadir Rektor Unsur Cianjur Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, SH., MH., S.pN, Wakil Rektor 1 Dr. Hj. Iis Ristiani S.Pd, M.Pd, dan WR 2 Hj Mia Amalia, MH, WR 3 Dr. Anita Kamilah, SH.,MH, perwakilan Dekan I, Dekan 2, Dekan 3, para Kaprodi, Sekprodi, dan dua orang perwakilan dosen tetap.
Wakil Rektor 1 Dr. Hj. Iis Ristiani S.Pd, M.Pd mengatakan, seminasi ini diikuti oleh pimpinan setiap Prodi di lingkungan UNSUR. "Alhamdulillah pagi ini bisa seminasi penyusunan CPL seluruh prodi, program ini ada atau tidak ada bantuan dari Menristekdikti terutama program KKN Citarum Harum tetap harus dilaksanakan," kata WR 1.
Penyusunan CPL dilaksanakan kurang lebih selama 3 minggu, dan seluruh Prodi sudah menyampaikan laporan penyusunan hasil FGD di Prodi masing-masing fakultas. "Hasilnya kepada kami sudah diserahkan soft fail dan hard fail dan evaluasi sesuai dengan petunjuk dari Ristekditki yang sudah harus dilaporkan pada tanggal 1 November profil harus sudah terkumpul semua CPL, selama masa sebelum tanggal 1 mohon diperbaiki sesuai dengan templet yang sudah disediakan Ristekdikti," terangnya.
Menurutnya, Rektorat mengundang seluruh pimpinan Prodi karena sangat pentingnya acara ini. Selain untuk pembaharuan kurikukum tiap Prodi dan memperbaharui CPL agar up to date. "Pada kegiatan KKN Tematik Citarum Harum, mata kuliah apa, soal pengendalian lingkungan, RPS sebagai turunan dari CPL sudah ada setiap Prodi, karena dalam pembelajaran harus menyesuaikan dengan literasi data, literasi teknologi dan literasi kemanusiaan, paling tidak menyesuaikan dengan KKNI dari Ristekdikti, maka disusun sesuai dengan hasil seminar ini, setiap prodi diberi waktu 10 menit dipanelkan untuk menyampaikan hasil CPL," ungkapnya.
Rektor Unsur Cianjur Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, SH., MH., S.pN, dalam sambutanya mengatakan seminasi ini sebagai uji coba dan uji kepatutan evaluasi CPL karena sangat penting sebagai bagian dari KKNI, seperti apa pencapaian kurikulum, model pembelajaran oleh dosen, mahasiswa dan institusi UNSUR sendiri.
"Kebetulan kita juga mendapatkan bantuan dari Kemenristekdikti dikaitkan dengan KKN Citarum Harum, jadi CPL nya harus ada modul berisikan kegiatan Citarum Harum, bentuknya bisa tourism lingkungan dan lainnya, harus juga ada kaitan dengan visi dan misi universistas, kebetulan visi dan misi UNSUR juga akan ada perubahan sebentar lagi dan timnya sudah berjalan, capaian ilmunya tidak lagi standar internasional tapi nasional berbobot pembangunan manusia seutuhnya dengan gerbang marhamah, kalau standar interasional uang kuliahnya juga harus standar internasional, gajinya juga standar internasional, kurang bagus. Juga tempat kuliah dan dosenya juga harus standar internasional, rapatnya juga pakai bahasa asing, sesuai aturan. Maka CPL nya pasti tinggi, ada pedomanya, mahasiswa ada aturanya, maka kami juga akan menyusun pedoman standar penghasilan untuk dosen dan karyawanya setiap fakultas," tambah Rektor.(tim)