MONEV KKN TEMATIK CITARUM HARUM TAHUN 2019

MONEV KKN TEMATIK CITARUM HARUM TAHUN 2019

MANDE-Rektor Universitas Suryakancana (UNSUR) beserta jajaran pimpinan melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Cianjur, pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum Tahun 2019 di Desa Cikidangbayabang Kecamatan Mande Cianjur, Sabtu (26/10).
Monev dipimpin langsung Rektor Unsur Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, SH, MH, S.pN, Wakil Rektor 1 Dr. Hj. Iis Ristiani, S.Pd, M.Pd, Wakil Rektor 2 Hj. Mia Amalia, SH, MH beserta jajaran Rektorat. Di lokasi KKN yang diwakili oleh peserta KKN dari Fakultas Sains Terapan tim Monev disambut pimpinan dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) FASTER.
Bentuk pemberdayaan masyarakat di sekitar Waduk Cirata-Citarum terlihat dari pembuatan lokasi Wana Wisata Kebun Coklat. Selain lokasi yang nyaman untuk wisata tersedia untuk foto-foto selfie, ada tempat pemberdayaan masyarakat lewat pelatihan Bahasa Inggris di jaring terapung (jaung), perahu untuk menuju japung wisata, rumah pohon dan jembatan kayu canopy Kebun Coklat, tempat duduk santai dan banyak lagi space wisata di seputar Wana Wisata ini. 
"Wana Wisata Kebun Coklat ini merupakan lokasi yang jadi pembinaan FASTER dari Program KKN Tematik Citarum Harum, kita kerjasama dengan berbagai pihak, selain dengan pemerintahan desa setempat juga dengan warga dan para petani japung yang kita raih untuk bisa beralih profesi menjadi pedagang dan lainnya," kata Wakil Dekan 3 FASTER Drs Ahmad Nur Rizal di lokasi KKN. 
Sebelumnya, WR 1 Dr Hj Iis Ristiani, S.Pd, M.Pd dalam pengarahan kegiatan KKN Tematik Citarum Harum tahun ini lebih fokus pada penyusunan capaian pembelajaran (CPL) untuk program studi sarjana dan pascasarjana, lewat pelaksanaan pendidikan dan latihan (diklat), Focus Group Discussion (FGD), dan workshop.
"Untuk penyusunan CPL di UNSUR terdapat 15 program studi (Prodi) untuk S1 dan dua untuk prodi S2, dengan pelaksanaan melakukan seminar, lokakarya dan pelaporan, agar nantinya tersusunnya 17 CPL dari seluruh program studi," kata WR 1.
Wakil Raktor III Dr Anita Kamilah, SH, MH dalam pejelasanya mengatakan, bahwa lokasi KKN Tematik Citarum Harum dan CPL Tahun 2019-2020 akan dilaksanakan di satu kecamatan yakni di Kecamatan Mande. "Khusus di Desa Cikidang Bayabang sebanyak 47 orang, hasil CPL dan kegiatanya nanti akan dilaporkan ke Kemenristekdikti," terangnya.
Wakil Rektor II Hj. Mia Amalia, SH, MH menyoal anggaran kegiatan KKN Tematik Citarum Harum tahun ini yakni ditanggung oleh Kemenristekdikti. "Kecuali biaya hidup peserta," tambahnya.(tim)