UNSUR WISUDA 755 LULUSAN

UNSUR WISUDA 755 LULUSAN

CIPANAS-Pada hari ini, Kamis 10 Oktober 2019, Universitas Suryakancana (UNSUR) kembali mempersembahkan lulusannya sebagai sumberdaya manusia yang kompeten dan siap membangun dalam berbagai sektor. Pada Wisuda tahun ini, UNSUR menganugerahkan ijazah kepada 755 orang lulusan, yang terdiri dari 40 orang lulusan bergelar Magister dan 715 orang lulusan bergelar Sarjana. Dari 40 orang lulusan bergelar Magister, 19 orang lulusan bergelar Magister Ilmu Hukum dan 21 orang lulusan bergelar Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selanjutnya dari 715 orang lulusan bergelar Sarjana, 171 orang lulusan bergelar Sarjana Hukum, 245 orang lulusan bergelar Sarjana Pendidikan, 51 orang lulusan bergelar Sarjana Pertanian, 155 orang lulusan bergelar Sarjana Teknik dan 6 orang lulusan bergelar Sarjana Pendidikan (MPI) dan 87 orang lulusan bergelar Sarjana Ekonomi Syariah. Dari 715 orang lulusan bergelar Sarjana dan 40 orang lulusan bergelar Magister, dan ada 16 mahasiswa lulusan terbaik tingkat UNSUR.

Suatu hal yang perlu diperhatikan adalah tumbuhnya kepercayaan masyarakat terhadap UNSUR. Hal ini diindikasikan dari tingginya minat masyarakat menempuh pendidikan tinggi di perguruan tinggi ini. Pada tahun ini, UNSUR menerima lebih kurang 900 orang mahasiswa baru. Kepercayaan masyarakat ini perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan cara meningkatkan pelayanan di berbagai bidang sesuai Tridharma Perguruan Tinggi. UNSUR dari waktu ke waktu terus meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang ada. Beberapa capaian yang telah diraih diantaranya:

Akreditasi Program Studi yang terus ditingkatkan mulai tahun 2016 sampai tahun 2019 ini dari 16 program studi yang ada di UNSUR program strata 1 dan strata 2, satu program studi telah terakreditasi “A”, yaitu Program Studi Ilmu Hukum, dan 14 Program Studi Terakreditasi B, yaitu Program Magister Ilmu Hukum, Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Agribisnis, Program Studi Agroteknologi, Program Studi Manajamen Pendidikan Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Industri dan Program Studi Teknik Informatika, Satu Program Studi masih terakreditasi C yaitu Program Studi Perbankan Syariah karena merupakan program studi baru dan belum menghasilkan lulusan. Selain akreditasi program studi yang terus ditingkatkan, pada tahun 2018 UNSUR telah mengajukan Reakreditasi Institusi Perguruan Tinggi dan hasilnya Akreditasi Perguruan Tinggi BAN-PT Terakreditasi B.

Semenjak tahun 2017 UNSUR telah berhasil mengimplementasikan penggunaan PIN (Penomoran Ijazah Nasional) yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti pada ijazah lulusan Sarjana dan Magisternya. Selain sudah menggunakan PIN semenjak tahun 2018 telah menambahkan satu lagi faktor keamanan untuk Ijazah lulusan Sarjana dan magisternya yaitu dengan menerapkan QR Code, sehingga keamanan ijazah menjadi lebih terjamin.

UNSUR terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada. Pada tahun 2019 ini, untuk pertama kalinya telah memiliki dosen tetap dengan Jabatan Fungsional Guru Besar yaitu Prof. Dr. Henny Nuraeny, SH.,MH. Pada tahun ini juga ada 2 orang dosen yang telah mendapatkan gelar Doktor yaitu, Dr. Rendi Aridhayandi, SH., MH. dari Fakultas Hukum dan Dr. Halimah,S.Pd.,M.Pd. Di samping itu tercatat tidak kurang dari 26 dosen sedang melanjutkan pendidikan doktor di dalam negeri. Dalam bidang sertifikasi dosen, sampai saat ini telah tercatat 77 orang dosen yang sudah tersertifikasi.

Dalam bidang kepegawaian, dalam rangka meningkatkan loyalitas dan kesejahteraan pegawai pada tahun ini Rektorat UNSUR telah mengumrohkan 2 pegawai teladannya ke tanah suci, dan program ini dilaksanakan setiap tahunnya. FKIP mengumrohkan pegawainya dan Fakultas Hukum telah mengumrohkan pegawai teladannya sebanyak 2 orang.

Dalam bidang penelitian pada tahun akademik 2018-2019 ini terdapat 13 artikel dosen UNSUR yang telah dipublish pada jurnal internasional terindeks scopus, dan 20 publikasi jurnal nasional terakreditasi.

Prestasi lain yang sangat membanggakan semenjak tahun 2009-2019 ini telah mendapatkan bantuan hibah Sarana dan Prasarana dari Kemenristek Dikti, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Cianjur, ESDM, Bank Mandiri dan PT GAS. Selain Hibah Sarana dan Prasarana juga telah mendapatkan hibah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang terdiri dari Hibah KKN Keaksaraan Fungsional, Hibah KKN Pemprov Jabar, Hibah KKN Posdaya, Hibah KKN G3T Citarum Harum dan Hibah KKN Kewirausahaan.

Dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen telah mendapatkan banyak hibah dari Kemenristek Dikti diantaranya Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP), Hibah Penelitian Kemitraan Industri, Hibah Penelitian Fundamental, Hibah Bersaing, Hibah Damandiri dan Hibah Dana Pengabdian. Pada tahun akademik 2016 sampai dengan 2019 secara berturut-turut mendapatkan hibah Pusat Karir dan Hibah Pusat Karir lanjutan serta Hibah Tracer Study dari Kemenristek Dikti.

Dalam rangka mencapai visi menjadi perguruan tinggi yang berstandar internasional UNSUR telah melakukan kerjasama di dalam bidang pendidikan dengan Universitas yang ada di dalam maupun luar negeri. Sampai saat ini sudah terjalin kerjasama tidak kurang dari 31 Universitas di luar negeri.

Dalam bidang kemahasiswaan semenjak tahun 2010 sampai dengan sekarang UNSUR telah memberikan beasiswa kepada sebanyak 1.122 orang mahasiswa yang bersumber dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kemenristek Dikti, Perbankan dan Beasiswa dari Kementerian Pertahanan.

Dalam bidang pembangunan sarana dan prasarana pada tahun 2019 ini Fakultas Hukum telah menyelesaikan pembangunan yang meliputi Ruang Pelayanan, Ruang Dosen, Ruang Aula, Ruang Kelas sebanyak 14 Kelas dan Gedung Kemahasiswaan yang dananya bersumber dari Fakultas, Alumni, Civitas Akademika dan CSR BUMN (Pertamina Tbk, Perusahaan Gas Nasional Tbk, Bank Mandiri dan BRI).

Berita Lainnya