Halal Bi Halal Sivitas Akademika Unsur 1440 H

Halal Bi Halal Sivitas Akademika Unsur 1440 H

PASIR GEDE-Halal Bi Halal Sivitas Akademika Universitas Suryakancana (Unsur) dengan tema “Meraih Taqwa Melalui Kinerja dan Karya yang Optimal pada Seluruh Sivitas Akademika Universitas Suryakancana” dengan Penceramah Dr. H. Tiar Anwar Bachtiar,M.Hum di Aula Perpustakaan Unsur, Kamis (13/6).
Hadir dalam acara ini Rektor Unsur, para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Yayasan Suryakancana, dosen dan staf. Hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Cianjur H Aban Sobandi SH, perwakilan perbankan dan undangan lainnya.
Sekda dalam sambutanya mengatakan jika Unsur diharapkan bisa terlibat langsung dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Cianjur. Pasalnya IPM Cianjur paling rendah di Jawa Barat, meski bidang kesehatan dan ekonomi lebih baik. “Meski banyak kekurangan namun ada kemajuan juga terutama di bidang infrastruktur,” kata Aban.
Ketua Yayasan Suryakancana yang diwakili oleh Hj Esih Sukaesih Karo dalam sambitanya memojom maaf lahir dan batin usai Lebaran Tahun ini.
“Mudah-mudahan ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT,” ujarnya seraya dalam pelaksanaan kinerja Unsur, semua didelegasikan kepada Rektor dengan hasil memuaskan meraih akteditasi B dan semua prodi sudah akreditasi B dan ada yang A yaitu Fakultas Hukum.
Rektor Unsur Prof Dr H Dwidja Priyatno SH, MH, S.Pn mengatakan pada prinsifnya sangat baik IPM bisa naik, seperti Kabupaten Subang dan Indramayu dan pemdanya memberikan beasiswa dari pemda 400 orang, maka tidak heran IPM nya naik.
“Kita mendapat beberapa program beasiswa seperti Bidikmisi hampir 100 orang dan PPA dan beasiswa tidak mampu, kita mendapat yang paling banyak dari pusat,” ungkapnya.
“Kalau bisa masuk paling banyak 10 persen paling banyak lulusan SMA, SMK, dan Cianjur memiliki berbagai sumber daya alam yang komplit,” tambahnya.
Selanjutnya saat ini ada program KKN Kewirausahaan dari Dikti mendapat bantua itu, bersaing dengan PT di Indonesia. Selain itu mendapat hibah penelitian mencapai Rp 400 jutat, yang dalam proses guru besar ada dua orang, administrasi sudah bagus dan sehat, ini terlihat dari kepercayaan pihak perbankan. “ Unsur jadi PT yang maju, tentunya harus diikuti kinerja dan disiplin waktu seluruh civitas harus lebih ditingkatkan lagi,” terang Rektor.
Dr H Tiar Anwar Bachtiar M.Hum dalam ceramahnya tidak akan masuk surga karena amal-amalnya, luas langit dan bumi dan ditebus dengan amal-amalnya. “Termasuk aku kata Rasul..Allah sayang kepada kita, kita diberi Rahmat oleh Allah, termasuk pada bulan Ramadan kemarin itu karena Rahmat Allah SWT, maka harus dimanfaatkan untuk saling ma'af memaafkan,” jelasnya.(*)