Silaturahmi Sivitas Unsur Jelang Ramadhan 1440 H

Silaturahmi Sivitas Unsur Jelang Ramadhan 1440 H

PASIR GEDE-Seluruh sivitas akademika Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur menggelar silaturahmi jelang Ramadhan 1440 Hijriyah, di Aula Perpustakaan Unsur, Selasa (30/4). Acara dengan tema "Meraih taqwa kinerja dan karya yang optimal pada seluruh sivitas akademika Unsur ini menghadirkan penceramah Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag, Dekan Fakultas Ushuludin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Rektor Unsur Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, SH, MH, Sp.N mengatakan, memasuki bulan suci Ramadhan konvensi Unsur menggelar pengajian rutin setiap tahun. Tujuanya dalam rangka untuk menghayati dan membersihkan diri dari dosa. "Mudah-mudah dosa kita terbakar dan bisa melaksanakan puasa dengan khusu dan bernilai ibadah, harapan kita seperti itu, kalau kita bersyukur atas nikmatnya ini salah satu syukur kepada Allah menghadapi bulan Ramadhan, secara pribadi saya mohon maaf atas segala dosa yang disengaja maupun yang tidak disengaja," kata Rektor.
Penceramah, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar M.Ag, dalam tausiyahnya menyebutkan, jika awal Ramadhan apa yang disebut dengan tarhib mengucapkan selamat datang di bulan Ramadhan ini saat ini sudah biasa dilaksanakan dimana-mana untuk menyambut bulan Ramadhan.
"Rasulullah selalu mengumpulkan jemaahnya selalu mengumpulkan di masjid dan pa Rektor juga mengumpulkan di aula ini, budaya orang Indonesia tarhib yaitu memohon maaf lahir dan batin dan Insya Allah ada dasarnya. Di awal Ramadhan mengingat dosa-dosa diinventarisir jadwal buka apa sampai akhir Ramadhan," ujarnya.
Menurutnya, catatan dosa yang harus dibersihkan di bulan Ramadhan. Jadwal Ramadhan dari tahun ke tahun sama dan keutamaan Ramadhanya juga sama, pahalanya juga sama, jadi yang dipersiapkan yaitu yang membedakan adalah diri setiap manusia. "Kalau kita menganggap sama tidak ada kelebihan dengan Ramadhan sebelumnya, yang terpenting bagaimana kita memposisikan kita dengan Ramadhan, yaitu intinya ketaqwaan, karya dan kinerja mendekati ketaqwaan," terangnya.(**)