Diklat dan Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Citarum Harum

Diklat dan Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Citarum Harum

SEBANYAK 200 mahasiswa dan 20 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari lima fakultas di Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kuliah Kerja Nyata (KKN) “Cirata Harum” tahun 2018.
KKN tematik yang mengambil tema, “Melalui KKN Kolaboratif Pentahelix, Kita Tingkatkan Sinergitas Masyarakat dalam Mewujudkan G3T Cirata Harum” ini akan diselenggarakan selaman satu bulan. Hadir saat pembukaan acara para wakil rektor, dekan, muspida, DPL dan mahasiswa peserta KKN.
Ketua KKN Tematik Citarum Harum Dr Anita Kamilah mengatakan KKN Unsur mengacu pada  kali ini program tri dharma perguruan tinggi yakni bidang pengabdian pada masyarakat.
“Pelaksanaan tri dharma tidak hanya dilakukan para dosen, tapi juga oleh mahasiswa,” kata Wakil Rektor III Unsur ini.
Menurutnya, pelaksanan KKN kali ini melibatkan 200 orang mahasiswa dari lima fakuktas di lingkungan Unsur dan dibimbing juga oleh 20 dosen DPL. Mereka akan ditempatkan di lima desa, dan dua kecamatan yakni Kecamatan Cikalongkulon dan Mande. Kelima desa tersebut yakni Murnisari, Bobojong, Cinangsi, Warudoyong, Cikidang Bayabang.”KKN ini sangat singkat  singkat kurang lebih 1 bulan,” terang Anita seraya tujuan KKN ini untuk mendukung Perpres “Citarum Harum”.
Rektor Unsur Prof Dr Dwidja Priyatno dalam sambutanya menyebutkan informasi KKN sudah sejak awal tahun 2018. Muncul dari hasil seminar yang dihadiri Menkomaritim dan Kemenistek Dikti.
“Kenapa pilih Citarum, karena air kadar pencemaran air sungainya atau mercury naik hingga 60 kali lipat dari air normal, ikannya juga diragukan, bahkan sebagai tempat pembuangan limbah bekas barang-barang dari penderita hiv/aids dan limbah sapi dan kambing yang mati, plastik dan lainnya,” kata Rektor.
Maka harus ada percepatan dengan cara peduli rame-rame agar airnya kembali bersih. “KKN Unsur masuk di Sektor 12 kawasan Waduk Cirata-Jangari yakni dua kecamatan Mande dan Cikalongkulon, ini bentuk dari tri dharma perguruan tinggi, mari kita dukung bersama-sama,” ungkapnya.(nanang/sidik)