Seminar Nasional Hasil KKN Tematik G3T Citarum Harum

Seminar Nasional Hasil KKN Tematik G3T Citarum Harum

UNIVERSITAS Suryakancana (Unsur) Cianjur menggelar Seminar Nasional Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik G3T Citarum Harum, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan KKN yang dilaksanakan mulai 26 sampai 5 Desember 2018.

Seminar melaporkan hasil KKN sebanyak 200 mahasiswa Unsur dengan target kepedulian masyarakat dua kecamatan yakni Mande dan Cikalongkulon terhadap lingkungan dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum ini dilaksanakan di Aula Perpustakaan Rektorat Unsur, Selasa (4/12).

Seminar tema “Melalui KKN Kolaboratif Pentahelix, Kita Tingkatkan Sinergitas Masyarakat dalam Mewujudkan G3T Citarum Harum,” ini dihadir Rektor Unsur Prof Dr Dwidja Priyatno, Wakil Rektor I, II dan III serta para Dekan di lingkungan Unsur. Hadir pula perwakilan unsur Muspida, kecamatan dan desa dari Kecamatan Cikalongkulon dan Mande.

Ketua Panitia KKN Tematik Citarum Harum Dr Anita Kamilah mengatakan, pelaksanaan KKN Tematik kali ini digelar selama dua minggu di lima desa dua kecamatan. Sebanyak 200 mahasiswa dari lima fakultas yakni Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Sains Terapan (FASTER), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Teknik (FT) dan 20 Dosen Pembimbing Lapagan (DPL).

Menurutnya, mulai dari pra KKN lewat bimbingan lapangan pada mahasiswa dan DPL pada tanggal 26 November 2018 hingga pelaksanaan KKN berjalan dengan baik. “Mahasiswa kami telah melakukan pendampingan pada 600 Kepala Keluarga (KK) di dua kecamatan dan lima desa dan laporanya sudah diterima Kemenristek Dikti. Kegiatan lain yaitu pelaksanaan 3R (reuse, reduce, dan recycle) dan kampung berwawasan lingkungan, jadi pengabdian ini bukan hanya oleh mahasiswa tapi juga oleh dosen pembimbing lapangan,” terang Wakil Rektor III ini.

Selain seminar nasional kemarin (4/12) juga akan digelar Seminar Nasional lanjutan yang akan digelar Sabtu (8/12) dengan narasumber dari Dirjen Pembelajaran Kemenrsitek Dikti dan Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Maritim.

“Kegiatan ini juga terlaksana berkat dukungan dan suffort Pa Raktor Prof Dr Dwidja Pariyatno para Wakil Rektor, Dekan, Yayasan, DPL dan seluruh mahasiswa, tak lupa juga kami ucapkan terima kasih pada Unsur Muspida dan pemerintahan setempat untuk menerima kami sehingga kegiatan KKN ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Rektor Unsur Prof Dr Dwidja Priyatno dalam sambutanya mengungkapkan, jika KKN Tematik Citarum Harum ini sangat singkat dan sudah selesai sesuai program dan pelaksanaanya sudah berjalan dengan baik.

“Terima kasih pada seluruh staf dan pimpinan yang sudah mencurahkan pada program KKN Citarum Harum ini, Monev juga sudah dilakukan baik dari L2 DIKTI dan dari Kemenristek Dikti, setelah hari ini (5/12) ditutup dengan Seminar dan tanggal 8 Desember kembali seminar. Mudah-mudahan ini beres, terima kasih juga pada Ketua LPPM, yang tidak siang dan malam rapat  dan dipanggil terus,” ungkapnya.

Rektor menambahkan, meski sumber daya terbatas tapi berharap kegiatan kedepanya juga berjalan dengan baik. Target di lokasi dua kecamatan KKN memiliki lokasi agrowisata dengan andalan kopi ingin jadi primadona, meski begitu permasalahan dan pengelolaan sampah juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. “Terima kasih pada pa camat dan kades yang memberikan izin demi berjalanya kegiatan ini, kita berharap anak cucu kita bisa merasakan sungai Citarum bersih. Insya Allah Citarum jadi tujuan wisata, dan sumber air utama masyarakat,” tambahnya.(nanang/sidik)